Wisata Sejarah di Museum Benteng Heritage Tangerang

via. kompasiana.com


Berbagai macam tempat wisata di Tangerang dengan konsep modern seperti di daerah Serpong atau Bintaro memang menarik untuk dikunjungi.
Akan tetapi, masih banyak lagi tempat-tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Benteng Heritage yang terletak di daerah pasar lama kota Tangerang.
Di saat menjelang perayaan Imlek atau Cap Go Meh, suasana di sebuah bangunan tua bernama Museum Benteng Heritage biasanya akan ramai dengan nuansa merah.
Pedagang di sekitar tempat ini akan ramai menjajakan berbagai amplop untuk ang pao, lampion lilin hingga berbagai macam kuliner khas Imlek.
Museum Benteng Heritage sendiri sudah hadir sejak abad ke 17. Bangunannya sangat khas dengan nuansa Tiongkok.


via. juliajuwee.wordpress.com


Namun pada era modern, museum ini direstorasi oleh orang Indonesia yang juga berasal dari keturunan Tionghoa. Lim Cin, atau Udaya Halim, adalah pendiri sekaligus pemilik dari Museum Benteng Heritage saat ini.
Selain sebagai bentuk cagar budaya, seperti apa keistimewaan dari Museum Benteng Heritage ini?

1. Mengenal cerita kedatangan Armada Cheng Ho
Di dalam Museum Benteng Heritage kita bisa mendapatkan berbagai macam infromasi dan beberapa penemuan sejarah tentang sejarah nenek moyang penduduk Tionghoa di Tanggerang.
Pendudukan yang dikenal dengan istilah Cina Benteng ini ternyata hadir saat Armada Cheng Ho mendarat di Indonesia pertama kalinya bersama sekitar 30.000 pengikutnya.
Nah, rombongan Armada Cheng Ho ini akhirnya mencari tempat untuk tinggal dan mendirikan pemukiman di kawasan Tangerang, dan menjadi cikal bakal dari penduduk dengan istilah Cina Benteng.
via. nowjakarta.co.id
2. Menikmati tampilan galeri benda dari masa lalu
Setelah direstorasi pemilik Museum Benteng Heritage mengisi bangunan tersebut dengan berbagai macam koleksi benda-benda dari masa lalu.
Berbagai macam peralatan seperti timbangan, uang kuno, perabotan, kamera tua hingga berbagai macam koleksi alat  pemutar lagu seperti Edisson Phonograph tersedia di tempat ini.
Terakhir, terdapat satu meja yang cukup unik. Sebuah meja dengan hiasan lukisan dari kerang yang dipamerkan di dalam Museum Benteng Heritage ini. Satu catatan sejarah yang bisa dipetik dari kehadiran meja ini adalah karena meja tersebut ternyata sudah berusia lebih dari 200 tahun.

3. Mencicipi kuliner khas peranakan  Tionghoa
Menikmati berbagai macam aneka kuliner di negeri sendiri mungkin sudah biasa. Namun, menikmati wisata kuliner di dalam museum? Semuanya bisa kita lakukan di tempat wisata di Tangerang yang satu ini.
Jika kita ingin bersantap siang atau makan malam di dalam museum, pihak pengelola Benteng Heritage dengan senang hati menawarkan berbagai macam aneka hidangan yang disebut babah atau kuliner dari peranakan Tionghoa yang dihidangkan secara turun temurun.
Tertarik mencobanya?
via. bentengheritage.com
4. Tempat untuk foto Pre-Wedding
Bangunan tua dan kesan vintage memang selalu asik untuk dijadikan sebagai spot untuk foto Pre-wedding. Nah, pengelola Museum Benteng Heritage pun menyediakan fasilitas ini kepada masyarakat umum.
Tentu saja, kita dan wisatawan lainnya tidak bisa sembarangan atau langsung menggunakan tempat wisata di Tangerang ini sebagai tempat untuk berfoto.
Pihak pengelola biasanya akan memberikan paket khusus bagi masyarakat atau pasangan yang berencana melakukan sesi pemotretan tua untuk foto Pre-Wedding. Bagi yang jomblo jangan sedih, tetap bisa kesini kok! :D
5. Berkeliling bersama pemandu wisata
Terakhir, kegiatan yang bisa dilakukan di Benteng Museum Heritage ini adalah berjalan mengitari tempat ini bersama pemandu wisata.
Bersama pemandu wisata tentunya kita bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang sejarah museum hingga benda-benda yang ada di dalamnya.
Pihak pengelola museum biasanya akan memberikan tur kepada 2 wisatawan atau pengunjung untuk menikmati tur. Selain itu, tur ini baru dimulai dari pukul 10.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.




Next
This is the current newest page
Older post
Previous Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
Blog Author
26 Oktober 2017 19.29 ×

wah mantap nih blognya..
kunjungi juga blog saya ya mas.
http://www.bukanpenulisterkenal.com/

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment