Mencegah Blur pada Foto

Caranya...

Hoaaaam, Akhirnya gue kembali lagi kesini. Hahahaha
Kali ini gue bakalan ngomongin hal kecil yang begitu penting di dunia fotografi. Yak, blur atau bisa dibilang foto yang agak kabur adalah momok bagi seluruh kalangan penikmat fotografi. Sebelum kita ngomongin cara mencegah, ada baiknya kita mendiagnosa penyebab blur tersebut.

1. Motion Blur

Motion Blur terjadi karena pergerakan objek, atau bisa juga disebabkan oleh shaking yang terjadi pada kamera saat fotografer menekan tombol shutter. Hal ini terjadi karena cahaya yang minim dan shutter speed yang rendah sehingga waktu yang dibutuhkan kamera untuk menangkap gambar lebih lambat dibandingkan dengan pergerakan objek. 
Untuk mencegahnya, kita bisa menaikkan ISO dan mempercepat shutter speed. 

2. Miss Focus

Miss Focus sendiri adalah kesalahan fotografer dalam melihat objek dan menangkap gambar. Hal ini biasanya terjadi karena bukaan lensa yang terlalu lebar. Hal lain yang menjadi penyebab miss focus dikarenakan pengaturan autofocus pada kamera lupa dinyalakan. Miss Focus dapat dicegah dengan memperkecil bukaan lensa, misalnya dari F 1.8 menjadi F 2.8 atau angka F yang lebih besar.

Sebenarnya yang gue tulis diatas hanyalah sebagian kecil dari penyebab dan cara mencegah blur. Selain itu masih banyak lagi hal-hal yang mempengaruhi terjadinya blur pada foto.
Newer post
« Next Post
Older post
Previous Post »

2 komentar

Click here for komentar
Juju Onyols
Blog Author
8 November 2016 11.37 ×

Wah, bisa ini dipake...

Reply
avatar
Pejantan Nokturnal
Blog Author
14 Desember 2016 01.47 ×

Sangat menambah wawasan bagi si awam seperti saya..

Thanks ilmunya

Reply
avatar
Thanks for your comment