Mau Buat Vector Wajah?, Coba 3 Aplikasi Ini!


Ayo Cobain!

Hallo!. Kali ini gue bakal sedikit berbagi tentang hobi gue di bidang desain grafis. Ketertarikan gue dibidang ini sebenernya sudah ada sejak ge masih duduk di bangku SMP. Awalnya cuma penasaran gara-gara ngeliat temen gue bisa ngerubah warna rambutnya dari item jadi biru. Alay!. Hahaha

Tapi dari situlah cikal bakal Caesar yang sekarang. Sejak itu gue rajin banget ngotak-ngatik software olah gambar. Yang paling pertama gue coba adalah Adobe Photoshop 7.0. Asli, pas pertama kali gue dapet software itu dan gue coba, hasilnya cuma ngebuka foto doang. Gak gue apa-apain. Singkatnya, GUE BINGUNG!. Gue yang tergolong masih bocah alay ingusan bingung dengan interfacenya yang ribet. Ditambah lagi, komputer gue yang waktu itu sangat bisa dibilang lemot dan sering freeze. Akhirnya, gue urungkan mengubah rambut gue jadi ala-ala Super Saiyan.

Tapi sejak itu gue masih penasaran dan terus mencoba. Pas awal-awal kuliah sampe sekarang, gue masih belajar ngebuat vektor wajah, Dalam ngebuat vektor wajah, ada beberapa aplikasi yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, disini gue mau ngasih review tentang Software yang pernah gue pake dalam ngebuat vektor wajah.

1. Adobe Photoshop

Yang pertama kali gue coba adalah Adobe Photoshop. Versi berapanya gue lupa, tapi rata-rata user interface adobe photoshop sama kok. Jadi, kalo yang udah pernah nyobain aplikasi ini, pasti ga bakal kebingungan walaupun versinya beda-beda.
Biasanya, aplikasi ini udah banyak yang punya atau bahkan terinstall di laptop sejak pembelian. Jadi, gak kesulitan nginstall lagi, bisa langsung belajar!. Apalagi buat yang udah biasa edit-edit foto dan mainin layer, ngebuat vektor bakal jadi lebih mudah. Tapi di suatu sisi, layer-layer itulah yang membuat masalah. Ini hasilnya :

Vektor adobe photoshop


2. Corel Draw


 Awalnya gue gak tertarik buat nyobain aplikasi ini, tapi karena gue mengalami kesulitan saat melakukan tracing di Adobe photoshop, gue beraniin buat nyoba Corel Draw. Dan Hasilnya lumayan. Logo blog gue juga gue hasilkan dengan perpaduan Corel dan Adobe Photoshop. Yang ngebuat ribet di corel draw menurut gue adalah pada saat pewarnaan. Karena .... Yah pokoknya ribet menurut gue. wkwkwkkw



3. Adobe Illustrator

Ini yang baru gue coba dan langsung gue tes buat bikin vector. Dan gue rasa software terbaik untuk ngebuat vector adalah Adobe Illustrator. Seperti Adobe photoshop, AI tetap menggunakan layering, tapi gak se-ribet layer di adobe photoshop. Singkatnya, AI adalah paket lengkap!,




Review di atas gue tulis hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi, kenyamanan penggunaan aplikasi apa pun sebenernya tergantung siapa yang memakainya. Kalo penasaran, coba aja satu-satu. Masih gagal?, coba Googling!. Pasti bisa Kok!

Sekian dulu tulisan kali ini, Semoga Bermanfaat!.
Newer post
« Next Post
Older post
Previous Post »

4 komentar

Click here for komentar
Rizqi Alam
Blog Author
3 Oktober 2016 09.40 ×

Ada lagi mas, inkscape :v

Reply
avatar
Jevon Levin
Blog Author
8 Oktober 2016 10.27 ×

Wih, bikini buat blog gue boleh kali :))

-jevonlevin.com

Reply
avatar
Mohammad Robih
Blog Author
29 Oktober 2016 11.19 ×

Yap! 3 aplikasi sakti buat designer. Kemarin gue nyoba bikin WPAP pake Corel, jadinya hancur haha. Mesti banyak belajar lagi.

Reply
avatar
Juju Onyols
Blog Author
8 November 2016 11.37 ×

ajarin dong kakak hehe

Reply
avatar
Thanks for your comment