Perkara Niat, usaha, dan Botol Air

Perkara Niat, Usaha, dan Botol air

Lagi-lagi nggak bisa tidur. Bingung mau ngapain. Ngelamun, otak gue flashback sendiri, bak mesin waktu dengan auto pilot. Otak, dan batin gue ribut besar, otak mikirin A, hati ngerasain B. Ujung-ujungnya otak dan hati. Dan pada akhirnya, mereka (re:otak dan hati) ketemu di satu titik. Gaktau kenapa ngerucut ke persoalan "Niat".

Apasih niat?. Nah loh bingung kan? Sama, gue juga bingung kalo ditanya begini. Tapi kalo di otak gue, niat itu janji orientasinya ke tujuan. Kurang lebih gitu. Misalnya nih, niat lo sekolah apa?. Pasti jawaban lo sama dengan kalo ditanya gini Tujuan lo sekolah buat apa?. Iya nggak?, iyaaa deh, pleeeeaase.

Gue ngerasa, hal-hal yang ngebuat berhasil, atau gagalnya seseorang, salah satunya dari niat. Niat itu gue analogikan ibarat wadah dan usaha itu gu ibaratin air. Dan air mau nggak mau bakal ngikutin wadahnya. Kalo wadahnya botol, ya air yang diisi bentuknya kayak botol, dan muatannya pun cuma sebotol. Kalo wadahnya drum, airnya bakal ngikutin bentuk drum, dan isi airnya bakal lebih banyak dari yang ada di botol tadi. Tapi yang terpenting disini bukan besar atau kecil wadahnya, karena mau wadahnya segede gaban juga kalo kebalik ya air yang dimasukin bakaln tumpah. Iya, tumpah.

Usaha yang dilakuin sekeras apapun, kalo niatnya salah bakalan sia-sia. Eh gak ding, masih ada yang bakal di dapet dari kesia-siaan, yang satu dapet capek (pasti!). Tapi bonusnya ya tulisan ini, jadi pengalaman, niat gue belum lurus, makanya gue gagal. Lalu, semoga untuk berikutnya kita semua punya niat yang lurus. 
Newer post
« Next Post
Older post
Previous Post »

14 komentar

Click here for komentar
Ima Nurani
Blog Author
8 September 2015 15.10 ×

Niat itu juga bisa berbelok-belok dan kadang berbalik arah malah bisa salah tujuan loh. Apapun niatnya kalo jalannya bener dan ada usaha dibaliknya, pasti bakal nyampe tujuan. Niat+Usaha =sukses. Sukses tanpa niat dan usaha itu mustahil. nice post!

Reply
avatar
Ara AnggARA
Blog Author
8 September 2015 23.55 ×

niat itu kalau cuma dipikirkan ya gl akan bisa tercpai.

bener tuh, usaha yang giat agar tercapai tapi kalau niatnya diawal udah salah ya emang bakal juga susah sih.

tapi kalau mau dibilang, memantapkan niat itu memang susah ya. Terus berpegang sma niat itu juga susah

Reply
avatar
Rudhie Hariyanto
Blog Author
9 September 2015 00.39 ×

Niat emang hal pertama yang harus ada, tapi percuma kalo niat tapi ngak sungguh-sungguh menjalanknya, kayag niat mau makan tapi ngak mau ambil nasi yaa sama ajah tetep bakal laper. tata niat yang rapi, siapin semua, jangan ragu, jangan takut mencoba. lanjutkan !!! :D

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
9 September 2015 00.43 ×

Iya ma, asliiii. Btw, makasih ya udah mampir :)

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
9 September 2015 00.43 ×

Bener bro ara, makasih udah mampir. :D

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
9 September 2015 00.44 ×

Oke brooo. Lanjutkannn!. Makasih ya udah mampir (y)

Reply
avatar
Aldo Rahmat
Blog Author
9 September 2015 03.59 ×

Setuju! niat emang paling penting dah...
Setiap yg kita lakuin emang butuh niat dan usaha tentunya...
Kalo ga ada niat, pasti nanti ga bakal berhasil sampe ke tujuan...
Pokoknya niat itu emang mirip sih ma tujuan, hehe....

Reply
avatar
Heru Arya
Blog Author
9 September 2015 12.48 ×

Ya meskipun pada hakikatnya, semua itu gak akan berjalan sesuai rencana, jika niat dari awal udh gak sejalan, jelas semuanya akan gak bagus.

Kembalinya ya harus ke kita. Mau jadi apapun, harus mulai dari niat tentunya.

Reply
avatar
Lulu Andhita
Blog Author
9 September 2015 18.24 ×

Boleh jg nih analoginya :D Setuju banget, kalo kita mau ngelakuin sesuatu pasti berawal dari niatnya dulu deh.. Kdang kalo kitanya gak niat atau niatnya cuma setengah2 malah hal yg kita lakukan jd sia2.. Gak berjalan dgn bener gtu..

Hrs dilihat dulu dari sberapa besarnya niat kita untuk melakukan hal tsb..

Reply
avatar
Erick Paramata
Blog Author
10 September 2015 21.45 ×

Niat tuh semacam pondasi dari tujuan kita. Kalo mulai rapuh di tengah pengen menyerah kita bisa kembali lagi ke niat.

Dan kalo gagal pun setidaknya punya pengalaman. :D

Reply
avatar
Jevon Levin
Blog Author
13 September 2015 15.09 ×

Niat itu kayak PDKT. Kalo serius, ya pasti berhasil! Hehe :))
-jevonlevin.com

Reply
avatar
mr aneh
Blog Author
13 September 2015 17.57 ×

Niat hanya fana... Bro. Salam kenal

Reply
avatar
TATA TIRS
Blog Author
14 September 2015 22.09 ×

Nah, analoginya boleh juga tuh.. Pas banget air sama wadahnya. :)

Emang bener kalo mau ngapa2in niatnya harus mantep dulu. Supaya nanti ketika dijalanin gak ada keraguan lagi. Jadi gak setengah2. Sip lah!

Reply
avatar
Fahmi (catperku.com)
Blog Author
21 Oktober 2015 13.51 ×

kalau mau berhasil, niat doang nggak cukup, harus dibarengi usaha deh :D

Reply
avatar
Thanks for your comment