Tips Menyusun KRS

Tips Nyusun KRS

Nggak lama lagi mahasiswa dan mahasiswi akan menempuh semester baru. Sebelum itu, mereka harus nyusun Kartu Rencana Studi, atau lebih akrab disebut KRS. Karena penyusunan KRS adalah salah satu penentu kesuksesan kuliah dan besar/kecilnya Indeks Prestasi Semester Mahasiswa. Sebelum lu nyusun KRS, hal pertama yang harus lu lakuin adalah Membayar SPP kuliah. 

"Iyalah begoooo".

Langsung aja deh, ini cara paling efektif dalam menyusun KRS menurut pengalaman gue selama 6 semester di perkuliahan. 


1.  Dosen
Ya, hal paling pertama yang gue perhatiin adalah Dosen. Kalo lu pengin IP dan IPK lu naik, carilah dosen yang gak pelit nilai. Dosen yang sering "pukul rata" pas ngasih nilai biasanya jarang masuk, otomatis lu kurang dapet ilmu dari beliau. Tapi kalo lu pengin bener-bener belajar dan dapet ilmu, carilah dosen yang serius dan objektif, tapi biasanya dosen tipe ini agak susah ngasih nilai A. 
NB: Kalo masih mahasiswa baru, sebaiknya tanya kakak tingkat soal tipe-tipe dosen di kampus lu.

2. Mata Kuliah Prioritas.
Nah, hal kedua yang harus diperhatiin adalah mata kuliah. Tips ini gue dapet dari pembimbing gue. Kita harus pinter-pinter milih mata kuliah. Utamakan mata kuliah wajib. Setelah milih mata kuliah wajib, kalo udah semester atas biasanya di setiap jurusan punya mata kuliah pilihan. Waktu nentuin mata kuliah pilihan, kita liat lagi mata kuliah wajib yang udah kita pilih tadi. Seandainya di mata kuliah wajib udah banyak hitung-hitungan, usahain milih mata kuliah yang bersifat hafalan di mata kuliah pilihan, begitupun sebaliknya. Intinya, jangan milih mata kuliah yang sifatnya berhitung semua, atau hafalan semua.

3. Jadwal Kuliah 
Jadwal kuliah adalah salah satu hal paling penting yang harus diperhatiin. Kan sayang, kalo misalnya kampus lo jauh dari rumah, terus pas lu sampe kampus dosennya gak masuk, dan hari itu jadwal lu cuma satu mata kuliah. Kan ongkosnya lumayan, bisa buat beli es cendol, 

Yap, jadi itu urutan hal-hal yang gue terapin selama 6 semester gue kuliah. Dan bakalan gue terapin sampe gue tamat. Semoga bermanfaat :D
Newer post
« Next Post
Older post
Previous Post »

7 komentar

Click here for komentar
Yoga Akbar Sholihin
Blog Author
17 Juli 2015 20.14 ×

Duh, kalau di kampus gue, gue nggak bisa menyusun KRS sendiri, Bro. Iya, soalnya gue kelas karyawan. Udah ditentuin dari sananya. :(

Reply
avatar
Jevon Levin
Blog Author
18 Juli 2015 11.37 ×

Wih takut deh yang udah jadi sarjana sampoe udah bisa berbagi triknya hehe

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
19 Juli 2015 05.54 ×

Aamiiin, tapi gue baru memasuki semester 7 broo. :D

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
19 Juli 2015 05.55 ×

Gitu ya ga, jadi mau gak mau mesti ngikutin aja ya. Ada enak ada enggaknya juga sih kalo gitu. :D

Reply
avatar
Kresnoadi DH
Blog Author
20 Juli 2015 12.52 ×

DI tempat gue bayar SPP setelah isi KRS lho. Dan gak bisa mlih dosen. :))

Reply
avatar
Deva Fredeva
Blog Author
21 Juli 2015 23.21 ×

Hueee keren kakak Caesar :3
Gue juga sama sih kayak tips-tips diatas. Paling serem tuh kalo telat ngisi KRS dan dapetnya dosen-dosen yang pelit nilai bin galak. Ngilu otak adek bang~

Reply
avatar
sophiamega sabila
Blog Author
2 Agustus 2015 19.52 ×

Asek, sebagai mahasiswa baru ini membantu banget. Makasih banyak bang. Kalau bisa abis ini nyatetin nama dosen dan karakternya satu-satu wkwk xD

Reply
avatar
Thanks for your comment