Generasi '90an #1 : Maenan yang terancam punah


Gaktau kenapa, akhir-akhir ini gue sering merhatiin anak kecil yang maenannya gak kayak gue dulu. Kalo dulu pas umur 4-5 tahunan gue asik maen poster, anak-anak sekaranng udah pada megang gadget semua. Ngomongin soal maenan, gue cuma prihatin dengan anak-anak sekarang yang maenannya gak kayak kita (generasi '90-an) dulu. Jadi gue bakalan berusaha sharing dan ngajak generasi kita flashback dengan masa kecil kita dulu; lebay.

1. Petak Umpet


Siapa sih yang kagak tau ama maenan yang satu ini, haha. Yang satu nutup mata sambil ngitung, yang laen sumputan. Sederhana, tapi itu lebih punya taste daripada maenan gadget (kalo menurut gua).

2. Poster (Umbul kuno)


Bukan poster kampanye yaaa, poster yang kecil kecil itu loh, sekitar 3x4 cm, yang di belakangnya ada rambu-rambu lalu-lintas. Gambar depannya gambar-gambar film yang lagi trend, dengan sedikit keterangan dibawahnya. Kalo ini masih ada yang buat sekarang, mungkin ada poster "Ganteng-ganteng serigala". Dan anehnya, di Palembang, maenan ini disebut dengan istilah Ambulan. Bukan Ambulance buat ngangkut mayat, mungkin gara-gara salah satu cara maennya di lempar ke atas (di ambul) kali yaaa.

3. Kelereng (Gundu)


Beberapa waktu yang lalu, waktu di kampus gue ngadain acara peringatan dies natalis, salah satu dosen minta tolong ke gue ama temen gue buat nyari kelereng. Dan kami bingung harus nyari dimana. Yap, gue seketika sedih, kalo dulu, pasti mudah banget nyari yang namanya kelereng.

4. Lompat tali

Buat cewek-cewek yang sekarang makeup-nya udah tebel, pake softlens, dan udah jadi gadis seutuhnya, kalian inget gak sih waktu kalian masih gaada beban loncat loncatan sama temen-temen SD kalian?. Semoga masih inget lah ya.

5. Lompat kotak, (ingkling)


Ini mah cewek-cowok maen juga. Ingkling, pake batu yang harus lo lempar, dan jangan sampe nyentuh garis. Lo lompat lompat deh ama temen-temen, tanpa beban, paling bebannya di teriakin ama ortu, disuruh pulang buat makan dulu.

6. Tazos


Inget Tazos gak?. Bentuknya kayak koin, bahannya semacem plastik, ada juga yang dari kaleng gitu, gambarnya macem-macem. Cara maeninnya juga macem-macem, ada yang tos-tosan, di lempar, dll.

7. Balon tiup


Balooon, siapa sih yang gak tau balon, tapi balon yang gue maksud disini yaitu balon yang niupnya pake sedotan kecil warna sedotannya kuning. Ingeeet(?).

8. Tamagochi


Ini sih udah agak modern, tapi seiring berkembangnya teknologi, maenan ini cenderung terlupakan. Inget kan sama tamagochi (?). Gadgetnya anak-anak tahun 2000an sampe sekitar tahun 2005. Kita seolah olah melihara hewan digital.

9. Pistol Air


Walaupun sekarang juga masih ada, pistol air udah jarang dilirik sooob. Adek-adekk kita lebih seneng maenin game konsol dibanding pistol-pistolan.

10.Gimbot


pasti tau gimbot kaaan?. Maen tetris, terus balapan mobil yang kita tinggal geser kanan-kiri doang. Ah, jadi inget waktu gue nangis minta beliin gimbot kan -.-.

Itu sih cuma sebagian kecilnya, masih banyak maenan kita yang terancam punah seiring berkembangnya teknologi. Dan, nama maenan di atas juga punya nama sendiri di setiap daerah di Indonesia. Gue cuma ngingetin, maaf buat yang udah bener-bener move on ke gadget. Yok coba apalagi maenan generasi 90an yang kalian inget ?, monggo tulis di kolom komentar.
Newer post
« Next Post
Older post
Previous Post »

4 komentar

Click here for komentar
Fikri Maulana
Blog Author
17 Desember 2014 13.42 ×

Permainan itu semua masih ada di rumah gue :D

www.fikrimaulanaa.com

Reply
avatar
Juju Onyols
Blog Author
18 Desember 2014 01.27 ×

WAH!! Komplit haha.
Semuanya udah pernah gue rasain, thanks bro.
Sudah mengingatkan kembali ini :)

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
18 Desember 2014 08.26 ×

Salam buat yang dirumah gan :v

Reply
avatar
Caesar RK
Blog Author
18 Desember 2014 08.26 ×

Ciye, inget masa lalu :p

Reply
avatar
Thanks for your comment